KUALITAS PERIJINAN BERBASIS OSS (OPEN SINGLE SUBMISSION) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.54144/jpbm.v1i1.7Kata Kunci:
Adaptive Governance; Open Single Submission; Komitmen DasarAbstrak
Adaptive Governance merupakan konsep tata kelola pemerintahan yang beradaptasi dengan kondisi ketidakpastian dan perubahan lingkungan sehingga relevan dan efektif untuk tujuan jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis pelayanan perizinan Online Single Submission (OSS) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda yang beradaptasi dengan merespon perkembangan iklim usaha di Kota Samarinda, serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan OSS pada DPMPTSP Kota Samarinda lebih efisien berkaitan dengan proses administrasi, biaya dan tenaga, dan tidak ada kertas yang digunakan. Dalam hal pemenuhan tidak dapat memenuhi janji perizinan terpadu atau terintegrasi sepenuhnya. Untuk ketersediaan sistem, belum tersedia akses dalam bentuk aplikasi di smartphone. Faktor penghambat dalam pelaksanaannya berasal dari pelaku usaha yang tidak sepenuhnya memenuhi persyaratan dasar empat komitmen.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Policy & Bureaucracy Management

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.