NETWORKING GOVERNANCE DALAM PENERAPAN SMART BRANDING CITRA NIAGA KOTA SAMARINDA

Penulis

  • Gusti Naufal Rizky Perdana Universitas Mulawarman
  • Sonya Soraya Ghazlina Universitas Mulawarman
  • Rizky Pratama Universitas Mulawarman
  • Cathas Teguh Prakoso Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.54144/jpbm.v2i2.22

Kata Kunci:

Networking governance, Smart branding

Abstrak

Salah satu upaya menjadikan Kota Samarinda sebagai kota yang layak huni adalah melalui optimalisasi smart branding. Untuk mewujudkan smart branding di Kota Samarinda, kerjasama antar semua sektor yaitu pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat dibutuhkan. Citra Niaga memiliki area yang menampilkan ciri khas produk Kota Samarinda dan sebagai ruang publik untuk kegiatan masyarakat. Ini telah menjadi potensi Citra Niaga yang menggambarkan kondisi sosial dan ekonomi Kota Samarinda, sehingga penerapan smart branding di Citra Niaga dilakukan untuk memaksimalkan kawasan Citra Niaga sebagai upaya mewujudkan wajah Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Tata Kelola jejaring pemerintah dalam penerapan smart branding di Citra Niaga Kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor pendukung juga penghambat dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukan Pemerintah Kota Samarinda memiliki tujuan dalam membangun jejaring dalam pelaksanaan smart branding di Citra Niaga untuk mencapai nilai pariwisata, investasi dan wajah kota. Pelaksanaan jejaring di Citra Niaga sudah cukup baik di kalangan internal pemerintah, namun belum ada keterlibatan pihak swasta secara khusus di dalam jejaring ini.

Biografi Penulis

Gusti Naufal Rizky Perdana, Universitas Mulawarman

Program Studi Administrasi Publik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Sonya Soraya Ghazlina, Universitas Mulawarman

Program Studi Administrasi Publik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Rizky Pratama, Universitas Mulawarman

Program Studi Administrasi Publik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Cathas Teguh Prakoso, Universitas Mulawarman

Program Studi Administrasi Publik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-27

Cara Mengutip

Perdana, G. N. R., Ghazlina, S. S., Pratama, R., & Prakoso, C. T. (2021). NETWORKING GOVERNANCE DALAM PENERAPAN SMART BRANDING CITRA NIAGA KOTA SAMARINDA. Journal of Policy & Bureaucracy Management, 2(2), 76-87. https://doi.org/10.54144/jpbm.v2i2.22