NETWORKING GOVERNANCE DALAM PENERAPAN SMART BRANDING CITRA NIAGA KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.54144/jpbm.v2i2.22Kata Kunci:
Networking governance, Smart brandingAbstrak
Salah satu upaya menjadikan Kota Samarinda sebagai kota yang layak huni adalah melalui optimalisasi smart branding. Untuk mewujudkan smart branding di Kota Samarinda, kerjasama antar semua sektor yaitu pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat dibutuhkan. Citra Niaga memiliki area yang menampilkan ciri khas produk Kota Samarinda dan sebagai ruang publik untuk kegiatan masyarakat. Ini telah menjadi potensi Citra Niaga yang menggambarkan kondisi sosial dan ekonomi Kota Samarinda, sehingga penerapan smart branding di Citra Niaga dilakukan untuk memaksimalkan kawasan Citra Niaga sebagai upaya mewujudkan wajah Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Tata Kelola jejaring pemerintah dalam penerapan smart branding di Citra Niaga Kota Samarinda dan mengidentifikasi faktor pendukung juga penghambat dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukan Pemerintah Kota Samarinda memiliki tujuan dalam membangun jejaring dalam pelaksanaan smart branding di Citra Niaga untuk mencapai nilai pariwisata, investasi dan wajah kota. Pelaksanaan jejaring di Citra Niaga sudah cukup baik di kalangan internal pemerintah, namun belum ada keterlibatan pihak swasta secara khusus di dalam jejaring ini.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Gusti Naufal Rizky Perdana, Sonya Soraya Ghazlina, Rizky Pratama, Cathas Teguh Prakoso

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.